Rabu, 13 Januari 2016

Mendikbud Apresiasi Partisipasi Masyarakat Majukan Pendidikan Indonesia



Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengapresiasi peran serta masyarakat untuk turut serta memajukan pendidikan di Indonesia. Anies Baswedan mengatakan bahwa salah satu strategi dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan adalah peningkatan efektifitas tata kelola birokrasi dengan pelibatan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Mendikbud dalam Dialog dan Aksi Bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transparansi Pendidikan (KMSTP), di kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Pelibatan masyarakat, menurut Anies, salah satunya tercermin dalam anggaran Kemendikbud 2016. "Anggaran tahun ini sangat melibatkan publik dalam perancangannya," ujar Mendikbud. Pelibatan publik akan menjadi fokus utama Kemendikbud, tercermin dari persentase anggaran untuk masyarakat lebih besar dibandingkan anggaran untuk internal Kemendikbud.

Terkait dengan pelibatan publik, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan bahwa Kemendikbud sedang mengembangkan sistem terpadu untuk menerima dan menindaklanjuti pertanyaan, saran, dan keluhan masyarakat. "Nantinya sistem ini akan diintegrasikan dengan Laman Kemendikbud, dan dikelola Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM)," kata Didik dalam rapat Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (7/1/2015).

Dialog dan Aksi Bersama tersebut dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 8 Januari 2016 di kantor Kemendikbud Jakarta, dengan melibatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dari 10 provinsi. Berbagai hal dibahas dalam dialog tersebut, antara lain terkait tata kelola guru, sumbangan dan pungutan sekolah, peran serta masyarakat dalam pendidikan, dan pencegahan korupsi di sektor pendidikan.

Hal-hal yang diusulkan KMSTP kepada Kemendikbud terkait peran serta masyarakat antara lain meminta Kemendikbud memperbanyak konsultasi publik untuk revisi kebijakan, memperbanyak dialog dengan masyarakat, dan melakukan uji coba praktik baik pelibatan masyarakat yang telah dijalankan beberapa institusi.

_________________________________________
Sumber: 
http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/mendikbud-apresiasi-partisipasi masyarakat-majukan-pendidikan-indonesia
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

PATTIRO Malang Jl. Arief Margono II/15. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini