Senin, 26 Oktober 2015

Koordinasi: Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan

Rapat Koordinasi KMSTP

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan


https://www.facebook.com/asiswanto.darsono
Penulis:Asis Wanto
Kegiatan rapat koordinasi Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP) merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja KMSTP pada 28-30 April 2015. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 orang perwakilan anggota KMSTP yang berasal dari beberapa daerah, yaitu Jakarta, Banten, Lampung, Makasar, NTB, Jawa Timur, Medan dan Jawa Tengah.  Adapun Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Malang merupakan salah satu anggota KMSTP dari Jawa Timur bersama Malang Corruption Watch (MCW) dan Prakarsa Jatim.


Kegiatan tersebut telah menghasilkan beberapa kesepakatan penting terkait agenda kerja KMSTP yang terbagi dalam 5 kluster isu, yaitu: Kurikulum, Anggaran, Tata Kelola Guru, Peran Serta Masyarakat, Akses (Wajardikdas 12 tahun). Agenda kerja tersebut difokuskan dalam advokasi kebijakan dan aksi (pengorganisasian masyarakat). Beberapa hal yang menjadi agenda strategis KMSTP, diantaranya: Pengawalan Judicial Review UU Sisdikanas terkait Wajardikdas 12 tahun, Diskusi Tematik (kurikulum, desentralisasi pendidikan), Advokasi Kebijakan (PP,Permen, Perda) terkait tata kelola guru, anggaran, dewan pendidikan & komite sekolah. Selain itu, rapat kerja juga mensepakati terkait mekanisme kerja KMSTP, termasuk diantaranya mekanisme koordinasi, posisi KMSTP dan keanggotaannya. Salah satu mekanisme koordinasi yang disepakati dalam rapat kerja tersebut adalah adanya pertemuan (rapat) koordinasi yang dilakukan pada pertengahan tahun dan akhir tahun 2015. Rapat koordinasi tersebut penting untuk mengetahui perkembangan implementasi agenda kerja KMSTP sekaligus dilakukan direview. Selain itu juga, untuk media konsolidasi isu yang pendidikan yang berkembang baik ditingkat nasional maupun daerah. Terkait dengan hal tersebut, Paramadina Public Policy Institute (PPPI) yang mendapatkan (sebagai anggota KMSTP) mandat dari KMSTP untuk menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) KMSTP kali ini.

Rakor KMSTP dilaksanakan pada Senin – Selasa, 26-27 Oktober 2015 bertempat di Hotel Ibis Tamarin, Jl. KH. Wahid Hasyim 77 Jakarta Pusat. Pada hari pertama dimulai pukul 09.00 dan berakhir 22.00 WIB. pada hari kedua, dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pukul 17.00 WIB. acara tersebut difasilitasi oleh Febri Hendri atau yang biasa dikenal dengan panggilan Mas Katonk dari Indonesian Corruption Watch (ICW) yang juga merupakan anggota KMSTP.

Metode yang digunakan dalam forum adalah brain storming dan diksusi kelompok serta presentasi hasil diskusi kelompok. Ada beberapa hal penting yang menjadi pembahasan dalam Rakor ini antara lain: eveluasi terhadap capaian atau implementasi hasi Raker sebelumnya berdasarkan 5 cluster diatas (Kurikulum, Anggaran, Tata Kelola Guru, Peran Serta Masyarakat dan Akses),  Konsolidasi isu strategis Pendidikan dan mensepakati Agenda Kerja Prioritas KMSTP (September-Desember 2015) dan kapan symposium nasional KMSTP kedua. Kemudian yang juga menjadi agenda penting adalah berbincang tentang konsep dan metodologi pendokumentasian praktek baik bidang pendidikan. A cara diakhiri dengan pembahasan RTL (Rencana Tindak Lanjut). 



 Suasana Forum KMSTP



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

PATTIRO Malang Jl. Arief Margono II/15. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini