Senin, 23 Februari 2015

Di Sini Warga Malang bisa Komplain

KETIDAKPUASAN masyarakat akan layanan pemerintah selalu saja muncul. Hal ini terjadi karena sesuatu yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Masyarakat kadang tidak mengetahui harus kemana mengadu tentang ketidakpuasan yang dialami. Jika langsung bertatap muka, rasa takut menyampaikan uneg-uneg atau ketidakpuasan kepada pemberi layananan (pemerintah) kadang masih saja muncul. Selain itu, budaya permisif membuat masyarakat enggan mengadu atau komplain baik secara langsung maupun online.
Kalau dulu sebelum berkembangnya teknologi komplain lebih banyak langsung mengadu pada penyedia layanan publik atau dengan menggunakan media kotak saran yang ada pada unit layanan, tapi kini tidak lagi. Perbaikan media pengaduan sudah mulai banyak diinisiasi oleh banyak pemerintah daerah lain melalui media online.
Salah satunya media pengaduan berbasis surat elektronik yang akrab dikenal dengan surat warga di website pemerintah Kabupaten Malang. Media aduan berbasis website pemerintah Kabupaten Malang ini menjaring semua aduan dengan memasukkan nama pengadu, email, instansi yang dituju, dan isi aduan yang akan disampaikan.
Alamat web pengaduan Pemerintah Kabupaten Malang di www.malangkab.go.id. Kegiatan mengadu melalui website ini merupakan terobosan yang dibuat pemerintah Kabupaten Malang. Media surat warga ini sangat efektif untuk menampung keluhan masyarakat Kabupaten Malang.
Cara menggunakan media ini cukup mudah hanya tinggal masuk ke dalam web pemerintah Kabupaten Malang surat warga dan mulai menuliskan pengaduan (klik sampaikan di sini). Aduan yang masuk akan segera diproses oleh admin web yang cekatan dan selanjutnya ditampilkan pada muka web sesuai dengan dinas yang dituju. Respons dari pemerintah juga lumayan cepat. Anda warga Kabupaten Malang mau mencoba mengadu tentang layanan publik?

Oleh. Fendik Setyawan

Sumber:http://surabaya.tribunnews.com/2015/02/22/di-sini-warga-malang-bisa-komplain
Share:

11 komentar:

  1. Fasilitas umum Eks Jalan Lori di jalan Ikan Tombro - Kelurahan Tunjung Sekar - Kecamatan Lowokwaru - Kodya Malang, lahan sepanjang 200 meter dengan lebar 6 meter yang seharusnya digunakan untuk kepentingan umum ternyata pemanfaatannya hanya di nikmati oleh pihak yayasan di lokasi terdekat, sehingga menutup akses jalan bagi pemilik tanah yang lain di belakang lahan Eks Jalan Lori tersebut.

    BalasHapus
  2. Mohon perhatian & pengawasan dari pihak yang berwenang agar ke depan nya pasca kontrak sewa lahan selama 5 tahun berakhir, pemanfaatan Eks Jalan Lori tersebut bisa di kembalikan sebagai fasilitas publik, bukan lagi hanya di kelola yayasan ataupun perorangan, terimakasih.

    BalasHapus
  3. Penguruan syarat2 menikah semakin dipersulit oleh kelurahan kauman alasan lurah nya sibuk berkas tidak boleh ditinggal nanti hilang setiap hari seperti itu terus yg rapat sama ini sama itu upacara inu itu logikanya klo lurah nya ndak bisa ttd siapakah yg dpt menggantikannya?apa ga ada solusi utk ini tolonglah jgn dipersulit

    BalasHapus
  4. Pengurusan sim di kota malang sangat menyita waktu dan lagi ditambah tersentral di 1 tempat bikin antriannya ga wajar, masa untuk bikin sim hatus antri datang habis subuh biar kebagian nomer udah gitu nomer baru dibagikan jam 8. Itupun ga ada jaminan yg dateng dulu dpt nomet antrian awal karna a ada yg mengkoordinir ditambah lagi fasilitas tunggu diluar tempat duduknya sangat terbatas jdi laki2 dan perempuan berjubel2, ditambah lagi kalo ada warna yg kurang peduli sekitar dg merokok ditempat membuat kaum perempuan harus menjauh karna ga kuat sama asapnya dengan imbas ak kedapetan nomer antrian.

    BalasHapus
  5. Pengurusan sim di kota malang sangat menyita waktu dan lagi ditambah tersentral di 1 tempat bikin antriannya ga wajar, masa untuk bikin sim hatus antri datang habis subuh biar kebagian nomer udah gitu nomer baru dibagikan jam 8. Itupun ga ada jaminan yg dateng dulu dpt nomet antrian awal karna a ada yg mengkoordinir ditambah lagi fasilitas tunggu diluar tempat duduknya sangat terbatas jdi laki2 dan perempuan berjubel2, ditambah lagi kalo ada warna yg kurang peduli sekitar dg merokok ditempat membuat kaum perempuan harus menjauh karna ga kuat sama asapnya dengan imbas ak kedapetan nomer antrian.

    BalasHapus
  6. pelayanan di kantor kelurahan lowokwaru sangat menyita waktu...berkas sudah mulai pagi cuman ngurus berkas pindah nikah padahal udah lengkap semua tinggal ttd aja pakek ribet lama banget pelayananya...beda sama kota batu ngurus kk sehari aja langsung jadi cuman nunggu 2 jam

    BalasHapus
  7. Antrian truk tebu ke pg kebonagung setiap malam sangat mengganggu kelancaran jalan. Apakah tidak ada solusi dari pihak pg kebonagung, polres malang ataupun pemkab malang shg tidak terjadi antrian truk yg sangat merugikan kami pengguna jalan

    BalasHapus
  8. Kantor kecamatan kepanjen kurang cepat dalam melayani masyarakat, terkesan semaunya aja. Apalagi masalah waktu sangat seenaknya sendiri, kasihan masyarakat yang sudah meluangkan waktu untuk mengurus surat surat. Tlng diperhatikan dengan sangat sangat seksama.

    BalasHapus
  9. SATPAM LOBBY OUTDOOR MALL OLYMPIQ GARDEN TIDAK SOPAN PADA PENGUNJUNG

    Pada hari Senin, 26 Juni 2017, kurang lebih jam 2 siang saya keluar dari Mall Olympic Garden. Saya bersama saudara menunggu jemputan di area lobby. Karena masih lama, saya akhirnya duduk di bagian tangga dekat lobby. Setelah beberapa saat, datang satpam yang menjaga area lobby datang ke saya. Dia memeringati saya dengan intonasi yang kasar. Memang ada tulisan dilarang duduk, tapi saya tidak tahu. Apa tidak bisa memeringati dengan sopan? Apa sebagai satpam perlakuan dengan pengunjung mall seperti itu pantas? Tolong pihak Mall Olympic Garden menanggapi komentar saya.

    BalasHapus
  10. RSUD LAWANG sangat buruk dalam pelayanan d bagian obat ( apotik )
    Bnyak pasien mnggu lama untuk antri obat , bahwakan saya sudah mengantri 4 jam dan tidak kunjung d panggil .
    Saya menanyakan kepada bagian apotik dan mereka berkata suruh sabar , apa kita menunggu 4 jam itu kurang sabar .
    Tolong untuk pemkab malang lebih d tinjau ulang masalah pelayanan pada masyarakat .
    Seharus proses d percepat agar pasian yg berobat bisa langsung istrht d rumah .
    Bukan nya malah mennunggu tidak jelas seperti ini , memang sebagian memakai bpjs tp bpjs kan mereka juga pada bayar .
    Tolong segera d benahi masalah kecil seperti ini .
    Trima kasih

    BalasHapus
  11. bapak bupati kab malang mohon pencerahannya pak .... masyarakat kelurahan sumber porong lawang sudah 3 hari ini PDAM. nya. mati total pak bupati...masyarakat sdh resah...makasih

    BalasHapus

Arsip Blog

PATTIRO Malang Jl. Arief Margono II/15. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini